Berita Terbaru

Post Top Ad

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Sabtu, 31 Oktober 2020

Peserta Meusaneut IGI Lahirkan Puluhan Video Animasi Pembelajaran Berbasis Android

 


Lhokseumawe – Kegiatan Meurunoe Seuraya Asah Narasi Edukasi dan Teknologi (Meusaneut) batch 2 yang diselenggarakan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Lhokseumawe menghasilkan puluhan video animasi pembelajaran berbasis Android. Kegiatan tersebut berlangsung secara tatap muka dalam ruang virtual pada tanggal 14 – 15 Oktober 2020 dilanjutkan bimbingan online selama dua minggu.

Ketua IGI Kota Lhokseumawe, Jon Darmawan SPd MPd menjelaskan bahwa peserta yang mengikuti kegiatan Meusaneut batch 2 sebanyak 50 orang. Berdasarkan hasil evaluasi narasumber terhadap hasil karya peserta, maka sekitar 41 yang dinyatakan lulus.

“Peserta yang lulus kita berikan sertifikat. Meskipun peserta aktif tetapi jika tidak mengirimkan tugas dan sesuai dengan hasil evaluasi narasumber, maka peserta tersebut tidak lulus dan tidak diberikan sertifikat,” ujar Darmawan.

Dikatakan Darmawan bahwa berdasarkan evaluasi narasumber, Agussalim SPdI, dan panitia, umumnya video animasi peserta sudah bagus. Jika dikembangkan lagi, maka kualitas video tersebut akan semakin baik.

“IGI mengharapkan agar video animasi pembelajaran berbasis Android yang dihasilkan peserta Meusaneut batch 2 dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran selama pandemi,” harap Darmawan.

Lebih lanjut Darmawan menambahkan bahwa video animasi yang dihasilkan guru diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran masa pandemi. Apalagi, pungkas Darmawan, mayoritas siswa sangat menyukai animasi.

Salah seorang peserta, Laura Oktaviany Marantika SPd, guru SLBN Pembina Provinsi Aceh, mengakui bahwa kegiatan tersebut sangat membantunya dalam mengajarkan materi pelajaran. Laura sangat bersemangat mengikuti, menyimak dan mengerjakan tugas.
 
“Semoga ada lanjutan dari kegiatan ini. Agar dapat terus saya kembangkan dan saya terapkan sebagai pendidik di sekolah. Semoga nanti video-video yang saya edit dapat digunakan dan bermanfaat bagi peserta didik kita semua. Semangat pagi untuk guru-guru hebat,” kata Laura. 

Sebelumnya saat membuka kegiatan Meusaneut batch 2 pada tanggal 14 Oktober 2020 secara virtual, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Rachmat Fitri HD MPA, mengakui bahwa guru-guru anggota IGI sudah membantu dunia Pendidikan. Kegiatan terbaru yang dilaksanakan IGI, tambah Rachmat Fitri, adalah membuat video animasi pembelajaran yang sangat kekinian.

“Kegiatan ini sangat luar biasa dan saya sangat mengapresiasi. Terlebih lagi siswa kita sangat menggandrungi dunia animasi karena memang dunia mereka. Dengan demikian video animasi membuat pembelajaran lebih maksimal karena sesuai dengan dunia siswa saat ini,” sebut Rachmat Fitri.(*)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad